English Version

Baca Juga

Wednesday, October 10, 2012

About Prof.Makoto Shichida


By on 7:10 PM

“Every Child is A Genius” (Makoto Shichida)

“The genius is in the right brain, not in the left brain.... Every child between zero and six has innate abilities in their right-hemisphere of the brain. However, if ignored, these abilities will diminish and vanish by the age of six” (Makoto Shichida)


Makoto Shichida (1929-2009) dikenal sebagai pendiri Shichida Child Education yang telah tersebar di beberapa negara seperti Jepang, USA, Hongkong, Thailand, Malaysia, Singapura, Australia dan Indonesia. Di Jepang, saat ini, telah terdapat sekitar 450 Shichida Child Academy. Makoto Shichida telah menghabiskan beberapa tahun untuk melakukan penelitian tentang pendidikan usia dini khususnya mengenai bagaimana cara mengembangkan fungsi otak kanan. Metode tersebut dikenal sebagai The Shichida Method.

Makoto Shichida lahir di Gotsu Jepang pada tahun 1929. Dia mendapat gelar doktor dalam bidang pendidikan dan dikenal sebagai tokoh pendidikan terkenal di Jepang karena komitmennya dalam mengembangkan metode stimulasi perkembangan anak pada usia dini selama hampir 40 tahun.

Shichida Child Education diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia 6 bulan hingga 6 tahun. Menurut Makoto Shichida, pada usia tersebut dianggap sebagai usia yang ideal untuk mengembangkan potensi otak kanan. Setelah usia 6 tahun, biasanya telah terjadi switch dari otak kanan ke otak kiri, sehingga potensi otak kanan secara perlahan-lahan mulai tertinggal dan terhambat akibat dominasi penggunaan otak kiri.

Beberapa penghargaan telah diraih, baik dalam negeri maupun penghargaan internasional seperti :

Socio-Cultural Service Award by Japan Culture Promoting Association April, 1997
, sebuah penghargaan yang diberikan kepada individu yang telah memberikan konstribusi yang signifikan di Jepang dan secara internasional pada bidang Seni, Agama, Sosial, Budaya dan Pendidikan.

International Academy of Education Award from the Research Institute of the Sweden Academy for Medicinal Sciences March, 2003, sebuah penghargaan yang diberikan kepada orang yang telah memberikan pelayanan kesehatan fisik dan mental (body and mind) dalam beberapa tahun.

Selain mendapatkan beberapa penghargaan, juga dikenal produktif dalam menulis, selama hidupnya sekitar 163 buku telah ditulisnya. Namun, sayangnya sebagian besar dalam bahasa jepang. Saat ini, beberapa dari bukunya telah diterjemahkan ke dalam bahasa inggris seperti bukunya yang berjudul “The Mystery of The Right Brain” , malah telah diterbitkan oleh Gramedia dalam versi bahasa Indonesia.

Makoto Shichida meninggal dunia pada tanggal 22 April 2009 dalam usia 79 tahun. Namun karya dan usahanya dalam pengembangan otak kanan pada anak-anak usia dini akan tetap dikenang sampai saat ini.

About dr. Iqbal

dr. Iqbal adalah Pemilik dari Shichida Makassar. Seorang dokter ahli syaraf.

0 comments:

Post a Comment