English Version

Baca Juga

Thursday, July 19, 2012

Melodic Intonation Therapy sebagai Terapi Aphasia


By on 5:21 PM

Melodic Intonation Therapy (MIT) merupakan salah satu metode terapi yang menggunakan elemen musik dari suatu bahasa (irama dan melodi) untuk menstimulasi hemisfer non-dominan sehingga dapat membantu produksi atau ekspresi bahasa. Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Sparks, Helm dan Albert pada tahun 1973 di Aphasia Research Unit Boston. Metode ini paling baik dipergunakan untuk penderita afasia yang non-fluent, kemampuan repetisi yang kurang baik meskipun hanya dengan satu kata tapi mempunyai kemampuan pemahaman auditif, motivasi dan perhatian yang baik.

Dasar metode ini adalah menyalurkan stimulasi melodik dari hemisfer kiri ke arah hemisfer kanan. Stimulasi auditorik diterima oleh cortex auditorik primer di hemisfer kiri. Informasi ini diteruskan ke cortex auditorik assosiasi (area Wernicke). Informasi yang diolah di area Wernicke untuk dipahami ini seharusnya dilanjutkan ke area Broca di daerah frontal kiri melalui fasciculus arcuatus. Tapi karena area Broca tidak berfungsi pada area nonfluent, maka tidak akan terjadi curah verbal sebagai respons informasi ini.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa hemisfer kanan berfungsi antara lain untuk stimulus musik atau melodi dan terdapat hubungan transkalosal antara cortex auditorik assosiasi pada hemisfer kiri dan kanan. Berdasarkan hal itu, maka diasumsikan bahwa stimulus auditorik yang bersifat melodi yang diterima cortex assosiasi kiri yang tidak dapat disalurkan ke area Broca kiri, akan disalurkan transkalosal ke cortex assosiasi yang homolog sisi kanan dan dari sini dilanjutkan ke area Broca yang homolog sisi kanan melalui fasciculus arcuatus. Dari area ini stimulus melodi ini akan disilangkan lagi melewati corpus callosum ke area prerolandik di hemisfer kiri dengan menghindari daerah Broca kiri yang tidak tercapai oleh stimulus dari kiri. Dengan demikian diharapkan terjadi curah verbal yang bersifat melodik. 

Terdapat 2 hal yang membuat MIT menjadi terapi afasia yang efektif yaitu intonasi dan tapping pada tangan kiri. Penggunaan intonasi dalam MIT dimaksudkan untuk menstimulasi hemisfer kanan, dengan kecepatan artikulasi yang lebih lambat akan lebih sesuai dengan kondisi hemisfer kanan. Sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada hemisfer kiri. Demikian pula dengan tapping pada tangan kiri juga dapat menstimulasi jaringan sensorimotorik hemisfer kanan yang mengontrol gerakan tangan dan mulut. Tapping pada MIT berfungsi seperti metronome yang dapat membantu untuk mengatur kecepatan pengucapan sebuah suku kata.

Pada prinsipnya MIT dilakukan dengan meminta penderita afasia untuk mengucapkan frase dengan intonasi atau penekanan suku kata, mulai dari 2-3 suku kata sampai 5 atau lebih suku kata disertai melakukan tapping pada tangan kiri penderita. Hal yang perlu ditekankan bahwa untuk melakukan MIT, terapis atau pasien tidak perlu seorang musisi ataupun penyanyi yang baik. Pada tahap awal, terapis mengucapkan sebuah frase dengan humming disertai dengan melakukan tapping pada tangan kiri penderita, satu suku kata dengan 1 kali tapping sehingga terbentuk suatu irama. Selanjutnya penderita dan terapis melakukannya secara bersama-sama. Secara perlahan-lahan terapis mulai mengucapkan frase dengan penekanan suku kata (intonasi) dan penderita mengulangi setelahnya. Pada akhirnya penderita mampu melakukannya sendiri dan hanya dengan bantuan tapping. Pada saatnya nanti, unsur melodi sepenuhnya dapat dihilangkan sehingga penderita dapat melakukan percakapan normal.

Saat ini MIT telah dikembangkan dan beberapa institusi menambahkan dengan Inner Rehearsal dalam proses MIT. Penderita afasia memilih sendiri frase yang ingin diucapkan, kemudian proses MIT dilakukan dalam hati (covert production). Tapping tetap diberikan dengan kecepatan 1 kali per detik. Penderita juga dapat diminta untuk membayangkan sementara mendengarkan seseorang menyanyikan lagu kesukaannya atau lagu saat masa kecil. Dengan cara ini lebih disukai karena penderita dapat melakukannya sendiri.

About dr. Iqbal

dr. Iqbal adalah Pemilik dari Shichida Makassar. Seorang dokter ahli syaraf.

0 comments:

Post a Comment