English Version

Baca Juga

Thursday, May 31, 2012

The Indirect Forms of Suggestion


By on 8:40 PM

Bagi Anda yang ingin belajar bentuk-bentuk sugesti tidak langsung secara lengkap, mungkin hal ini bisa membantu untuk mendapatkan pemahamam yang lebih komprehensif, berikut bentuk dan contohnya:

1.    TRUISMS UTILIZING IDEODYNAMIC PROCESS
1.1.    Ideomotor Response
Sebagian besar orang dapat mengalami satu tangan lebih ringan dibanding yang lainnya

Setiap orang mempunyai pengalaman menganggukkan kepala ya atau menggelengkan kepala tidak bahkan tanpa menyadarinya


Saat kita capek, mata kita mulai berkedip lambat dan terkadang menutup tanpa menyadarinya.


Terkadang saat kita rileks atau menjelang tidur, sebuah otot akan tersentak sehingga lengan atau kaki kita akan bergerak sendiri


1.2.    IDEOSENSORY PROCESSES

Anda telah tahu bagaimana mengalami perasaan nyaman seperti kehangatan matahari pada kulit anda


Sebagian besar orang menikmati kesejukan yang menyegarkan dari angin sepoi-sepoi
Beberapa orang dapat membayangkan makanan kesukaannya dengan baik mereka dapat merasakannya.


Garam dan bau dari angin sepoi-sepoi laut menyenangkan sebagian besar orang.

1.3.    IDEOAFFECTIVE PROCESSES

Demikian mudah untuk marah dan sakit hati saat kita merasa dibodohi. Kita biasanya mengkerutkan dahi saat kita mempunyai pengalaman yang sangat menyakitkan untuk diingat.


Beberapa orang tersipu dengan mudah saat mereka mengenal perasaan tertentu tentang dirinya.


Sebagian besar dari kita berusaha menghindari pikiran dan ingatan yang membawa air mata, tapi mereka seringkali berhubungan dengan hal yang terpenting.


Kita semua menikmati memperhatikan seseorang tersenyum pada suatu pikiran tersendiri dan kita sering menemukan diri kita tersenyum pada senyumannya.

1.4.    IDEOCOGNITIVE PROCESS
Kita tahu bahwa saat anda tertidur pikiran bawah sadar dapat bermimpi. Anda dapat dengan mudahnya melupakan mimpi itu saat anda terbangun.
Anda terkadang dapat mengingat satu hal terpenting mimpi itu yang menarik.


Kita terkadang dapat mengenal sebuah nama dan berada di ujung lidah kita dan tapi tidak dapat mengucapkan kata tersebut.

2.    TRUISM UTILIZING TIME
Segera atau kemudian tangan anda akan terangkat
Sekarang atau nanti mata anda akan menutup…(atau apapun)


Sakit kepala (atau apapun) anda dapat sekarang pergi sesegera system anda siap untuknya untuk pergi.


Keluhan anda dapat sekarang menghilang sesegera pikiran bawah sadar anda tahu anda dapat menyelesaikan masalah dengan suatu cara yang lebih konstruktif (baik)

3.    NOT KNOWING, NOT DOING
Anda tidak harus berbicara atau berbicara atau membuat suatu usaha…anda bahkan tidak harus mempertahankan mata anda tetap terbuka


Anda tidak harus …berusaha mendengarkan saya karena pikiran bawah sadar anda dapat melakukan itu dan merespon semua dengan sendirinya.


Orang dapat tidur dan tidak tahu mereka tertidur.


Mereka dapat bermimpi dan tidak mengingat mimpi itu.


Anda tidak tahu….kapan kelopak mata anda akan menutup semua dengan sendirinya.


Anda mungkin tidak tahu ….tangan mana yang akan terangkat pertama


Anda benar-benar tidak tahu ….bagaimana pikiran bawah sadar anda akan membantu anda menyelesaikan masalah itu…tapi pikiran sadar anda dapat menerima jawaban itu ….saat hal itu datang.


Pikiran sadar anda tentu mempunyai banyak pertanyaan , tapi pikiran sadar anda benar tidak tahu kapan pikiran bawah sadar anda akan membiarkan anda menghentikan kebiasaan yang tidak diinginkan …anda tidak tahu jika hal itu akan terjadi segera atau nanti …anda tidak tahu jika hal itu terjadi sekaligus atau dengan lambat…tapi anda dapat mempelajari cara alamiah anda melakukan sesuatu.

4.    OPEN ENDED SUGGESTION

Kita semua mempunyai potensi …kita tidak menyadarinya, dan kita biasanya tidak tahu bagaimana mereka akan dinyatakan/diekspresikan.


Pikiran anda dapat mereview/mempertimbangkan lebih …perasaan, ingatan dan pikiran sehubungan masalah tersebut, tapi anda tidak tahu…yang mana paling berguna untuk menyelesaikan masalah yang anda hadapi.


Anda dapat menemukan sendiri rentang masa lalu, sekarang atau akan datang sebagaimana pikiran bawah sadar anda memilih hal yang paling sesuai dengan hal tersebut.


Dia tidak tahu apa yang dia pelajari, tapi dia sedang belajar dan saya tidak mempunyai hak untuk memberitahunya…Anda mempelajari ini atau anda mempelajari itu…biarkan dia belajar apapun yang dia inginkan, dengan urutan apapun yang dia inginkan.

5.    COVERING ALL POSSIBILITIES OF A CLASS OF RESPONSE
Segera anda akan mendapatkan jari atau ibu jari bergerak sedikit, mungkin dengan sendirinya…dapat bergerak ke atas atau ke bawah, ke samping atau tertekan ke bawah…dapat dengan lambat atau cepat atau mungkin tidak bergerak sama sekali… Hal yang terpenting adalah merasakan dengan sepenuhnya perasaan apapun yang berkembang.


Segera anda akan mendapatkan masalah berat badan sehubungan dengan makan yang banyak atau sedikitnya makanan yang dapat dinikmati…anda mungkin pertama mendapatkan berat badan atau kehilangannya atau tetap untuk sesaat saat anda belajar sesuatu hal yang penting tentang diri anda sendiri.


6.    COVERING THAT FACILITATE NEW RESPONSE POSSIBILITIES
6.1.    Questions to Focus Associations
6.2.    Questions in Trance Induction
         1.    Eye Fixation
         2.    Hand Levitation
6.3.    Questions Facilitating Therapeutic Responsiveness

Dan apa yang akan menjadi arti yang efektif dari kehilangan berat badan?

7.    COMPOUND SUGGESTION

7.1.    The Yes Set and Reinforcement
Suatu hari yang indah, mari kita berenang (positive association/yes set, suggestion)
Mari kita berenang, suatu hari yang indah (suggestion, positive association/truism = reinforcement)


Suatu hari libur, jadi mengapa seharusnya saya tidak melakukan yang saya inginkan?


Anda telah mengerjakan dengan baik dan dapat lanjut.

7.2.    Contingent Suggestion and Associational Networks

Bersama setiap napas yang anda lakukan, anda dapat menjadi sadar irama alamiah tubuh anda dan perasaan nyaman yang berkembang.


Saat anda meneruskan duduk di sana,anda akan mendapati diri anda menjadi lebih rileks dan nyaman.


Saat tangan anda turun ke bawah, anda akan mendapati diri anda nyaman kembali ke masa… sumber masalah tersebut.


Saat anda secara mental mereview/mempertimbangkan masalah itu, pikiran bawah sadar anda dapat mengembangkan beberapa cara sementara yang sesuai dengannya.


Dan saat pikiran sadar anda mengenal suatu solusi berharga dan masuk akal, jari anda dapat terangkat secara otomatis/dengan sendirinya


Saat anda merasa siap membicarakannya, anda akan mendapati dengan sendirinya bangun dengan keadaan segar dan sadar, dengan suatu penghargaan terhadap kerja baik yang anda telah lakukan.

7.3.    Apposition of Opposites
Saat kepalan tangan anda lebih keras dan tegang,tubuh anda yang lain rileks…saat tangan kanan anda terangkat, tangan kiri anda turun lebih rendah.


Saat lengan anda terasa lebih ringan dan terangkat, kelopak mata anda dapat merasa lebih berat dan turun ke bawah sampai mereka tertutup.


Saat dahi anda merasa lebih dingin,tangan anda merasa lebih hangat.


Saat rahang anda menjadi lebih dan lebih tebal dan tidak sensitive,perhatikan bagaimana tangan kiri menjadi lebih dan lebih sensitive.


Anda dapat mengalami semua perasaan tentang sesuatu yang terjadi saat berusia 7 tahun tanpa dapat mengingat dengan tepat apa yang menyebabkan perasaan ini.


Saat anda nanti membuka mata anda…anda akan mempunyai memori/ingatan yang jelas dari semua itu,tapi tanpa perasaan yang anda punyai kemudian.


Saat anda mereview itu, anda dapat sekarang mengalami suatu keseimbangan pikiran dan perasaan yang sesuai tentang semuanya.

7.4.    The Negative

Dan anda dapat, dapatkah anda tidak? Anda dapat mencoba, bukan? Anda tidak dapat menahannya, bukan? Anda ingin, bukan? Anda melakukannya, bukan? Mengapa tidak membiarkannya terjadi?


Anda tidak harus rileks hingga anda benar-benar siap.


Anda tidak akan menarik napas yang dalam yang sebenarnya hingga tangan anda menyentuh wajah anda.


Anda tidak akan benar-benar tahu bagaimana nyamannya saat anda rileks hingga tangan/lengan itu turun dengan perlahan menuju pangkuan anda.


Dan anda benar-benar tidak harus melakukan (therapeutic respon) hingga (perilaku yang tidak dapat dihindari pd pasien dalam waktu dekat)


Anda tidak akan melakukannya hingga pikiran bawah sadar anda siap.

7.5.    Shock,Surprise and Creative Moments

8.    IMPLICATION AND THE IMPLIED DIRECTIVE

Jika anda duduk maka anda dapat menuju rileks (pola: jika….maka…)


Sekarang jika anda tidak menyilangkan kaki anda dan meletakkan tangan anda dengan nyaman pada pangkuan anda, maka anda akan menjadi siap untuk rileks. (pola: jika…pace, maka..lead)


Untuk deepening:
Ingatan/memory anda, bayangan anda dan perasaan anda sekarang lebih penting bagi anda pada situasi ini.


Kita biasanya tidak menyadari saat kita tertidur dan bahkan terkadang tidak sadar bahwa kita tertidur.


Sekarang anda tahu anda melakukan banyak hal sepanjang hari tanpa menyadarinya.
Jantung anda berdenyut tanpa bantuan atau arahan pikiran sadar anda, sebagaiman anda biasanya bernapas tanpa menyadarinya.

Dan bahkan saat anda berjalan, kaki anda tampaknya bergerak dengan sendirinya dan membawa anda kemanapun anda ingin pergi.

Dan tangan anda melakukan sebagian besar hal yang ingin anda kerjakan tanpa mengatakannya.

Sekarang tangan melakukan ini, sekarang tangan melakukan itu…tangan anda bekerja otomatis untuk anda dan biasanya anda tidak harus memberikan perhatian kepadanya.
Bahkan saat anda berbicara, anda melakukannya secara otomatis, anda tidak harus dengan sadar menyadarinya bagaimana mengucapkan setiap kata. Anda dapat berbicara tanpa mengetahuinya. Anda tahu bagaimana melakukannya secara otomatis bahkan tanpa memikirkannya.

Juga saat anda melihat atau mendengar sesuatu atau saat anda menyentuh atau merasakannya, mereka bekerja otomatis tanpa anda harus menjadi sadar . Mereka bekerja sendiri dan anda tidak harus memberi perhatian. Mereka hanya peduli diri mereka sendiri tanpa anda harus mengganggu mereka.

8.1.    The Implied Directive
Pikiran bawah sadar anda telah mencapai sumber masalah itu, jari anda dapat terangkat.(pola: time binding introduction, implied suggestion/unconscious search)


Saat anda telah menemukan suatu perasaan rileksasi dan kenyamanan, mata anda menutup dengan sendirinya.

Saat kenyamanan itu semakin dalam, pikiran sadar anda dapat rileks sambil pikiran bawah sadar anda mereview kealamian masalah dan saat pikiran ketertarikan dan relevan mencapai pikiran sadar anda, mata anda akan terbuka saat anda dengan hati-hati mempertimbangkannya,

9.    BINDS AND DOUBLE BINDS
9.1.    Blinds Modeled on Avoidance-Avoidance and Approach-Approach Conflicts
Inginkah anda masuk kondisi rileks sekarang atau nanti?
Inginkah anda masuk kondisi rileks berdiri atau duduk?
Inginkah anda masuk kondisi rileks yang ringan, sedang atau lebih dalam?

Menghadapi pasien insomnia:
Jika anda tidak tertidur dalam limabelas menit di tempat tidur, anda harus bangun dan berbaring di lantai hingga anda merasa anda dapat tidur.

9.2.    The Conscious-Unconscious Double Bind

(semua didasarkan pada kemampuan untuk memobilisasi proses unconscious)

Jika pikiran bawah sadar anda ingin masuk kondisi rileks, tangan kanan anda akan terangkat dengan sendirinya, sebaliknya tangan kiri anda akan terangkat.

Jika tidak ada gerakan:
Karena anda duduk dengan tenang dan belum ada respon pada tangan anda, anda dapat heran jika pikiran bawah sadar anda akan lebih menyukai untuk tidak membuat gerakan sama sekali saat anda masuk kondisi rileks…mungkin lebih menyenangkan tidak harus bergerak atau berbicara atau bahkan mengganggu usaha untuk menjaga mata anda terbuka.

Penggunaan dalam pola negative:
Anda tidak harus mendengarkan saya karena pikiran bawah sadar anda di sini dan dapat mendengar apa yang ia inginkan, untuk merespon dengan cara yang sesuai.


Dan itu benar-benar bukan suatu masalah apa yang pikiran sadar anda lakukan karena pikiran bawah sadar anda dapat menemukan hal yang sesuai mengatasi nyeri (atau apasaja)

Anda mengatakan anda tidak tahu bagaimana menyelesaikan masalah itu…anda bimbang dan bingung…pikiran sadar anda benar-benar tidak tahu apa yang harus diperbuat…dan tapi kita tahu bahwa pikiran bawah sadar anda memanfaatkan begitu banyak memori dan bayangan dan pengalaman yang tersedia dalam menemukan penyelesaian masalah itu…anda tidak tahu semua kemungkinan yang ada…pikiran bawah sadar anda dapat bekerja dengan sendirinya dan bagaimana anda akan tahu, kapan hal itu 
terselesaikan?akankah solusi itu masuk ke dalam mimpi anda yang anda akan ingat atau akankah anda melupakannya tapi mendapatkan masalah itu perlahan-lahan terselesaikan dengan sendirinya dengan cara pikiran sadar anda tidak mengerti?akankah penyelesaian itu datang dengan cepat saat sadar atau saat melamun?akankah anda saat kerja atau bermain, belanja atau mengendarai mobil, ketika anda akhirnya menyadarinya?anda benar-benar tidak tahu, tapi anda pasti menjadi bahagia saat solusi itu datang.

9.3.    The Double Dissociation Double Bind
(cenderung membingungkan pikiran sadar sehingga respon tidak sadar dimunculkan)

Anda dapat sebagai seorang yang bangun, tapi anda tidak perlu sebagai sebuah tubuh…(pause)…anda dapat bangun saat tubuh anda bangun tapi tanpa mengenal tubuh anda


Anda dapat bermimpi anda bangun meskipun anda dalam kondisi rileks(trance)…(pause)…atau anda dapat berbuat seolah-olah anda dalam kondisi rileks bahkan sambil terbangun.


Anda dapat menemukan tangan anda terangkat tanpa mengetahui dimana pergi…(pause)…atau mungkin anda merasakan kemana pergi meskipun anda tidak benar-benar mengarahkannya.


Anda dapat membuat gambar abstrak tanpa mengetahui apa itu…(pause)…anda dapat kemudian menemukan arti didalamnya meskipun tidak Nampak berhubungan dengan anda


Anda dapat berbicara saat rileks meskipun anda tidak selalu mengenal arti kata itu…(pause)…atau anda tetap diam saat kepala anda dengan lambat mengangguk ya atau menggeleng tidak dengan sendirinya sebagai respon terhadap pertanyaan saya.


Untuk mengawali somnambulism atau validasi trance:
Sekarang, saat mata anda terbuka tapi anda tidak perlu bangun…(pause)…atau anda dapat terbangun ketika mata anda terbuka,tapi tanpa mengingat apa yang terjadi ketika mereka tertutup.


Sekarang, saat mata anda terbuka tapi anda tidak perlu bangun…(pause)…atau anda dapat terbangun ketika mata anda terbuka,tapi anda tidak akan merasa seperti menggerakkan tangan anda beberapa menit (atau tidak akan merasa seperti berbicara selama beberapa menit)….(lebih baik dibanding :anda tidak dapat menggerakkan tangan anda)

About dr. Iqbal

dr. Iqbal adalah Pemilik dari Shichida Makassar. Seorang dokter ahli syaraf.

0 comments:

Post a Comment