English Version

Baca Juga

Tuesday, March 27, 2012

Savant Syndrome


By on 7:55 PM

Mungkin masih banyak diantara kita belum mengenal istilah savant syndrome, tapi boleh jadi kita telah pernah melihat ataupun berjumpa dengan anak yang termasuk savant syndrome. Anak seperti ini, biasanya dianggap bodoh atau malah idiot oleh lingkungan sekitarnya karena dianggap berperilaku atau berpenampilan aneh, tapi dibalik itu mereka mempunyai kemampuan yang luar biasa. Biasanya anak seperti itu memperlihatkan kemampuan yang menonjol pada bidang atau area tertentu seperti kemampuan berhitung, bahasa atau memori. Salah satu film (true story) yang menggambarkan kemampuan anak savant syndrome yaitu Rain Man. Dalam film tersebut diceritakan tentang seorang anak yang mempunyai kemampuan memori yang luar biasa.

Daniel Tammet adalah salah seorang yang termasuk anak savant syndrome. Dia mempunyai kemampuan berhitung melebihi kemampuan kalkulator, dengan kemampuannya itu Daniel Tammet mampu menyelesaikan perhitungan dengan cepat dalam pikirannya. Pada suatu kesempatan, pernah ditanya tentang bagaimana ia bisa melakukannya seperti itu, Daniel Tammet menjawab bahwa angka-angka itu muncul dengan sendirinya di dalam pikirannya. Selain itu, Daniel juga menguasai banyak bahasa diantaranya spanyol, jerman, belanda, portugis dan tentunya bahasa inggris, sehingga seakan-akan di dalam pikirannya terdapat kamus berbagai bahasa dan uniknya adalah ia menguasainya hanya dalam waktu yang singkat. Kemampuan terakhir yang dimilikinya adalah kemampuan mengingat atau memori yang luar biasa. Ia pernah menghapalkan angka pi dalam matematika sampai beberapa digit dibelakang koma. Tak heran jika beberapa orang menyebut orang dengan savant syndrome sebagai "extraordinary people".

Sebenarnya Daniel Tammet, saat masa kecil, belum memperlihatkan hal yang luar biasa.  Daniel menderita epilepsi sejak kecil. Semenjak itu, Daniel mengalami gangguan perkembangan, tapi justru secara perlahan, Daniel memperlihatkan kemampuan yang luar biasa. Memang para ahli berpendapat bahwa Savant Syndrome terjadi karena sesuatu hal misalnya penyakit atau kecelakaan yang menyebabkan gangguan perkembangan pada otak kiri (Left Brain) sehingga potensi yang terdapat pada otak kanan (Right Brain) dapat tereksplorasi dengan optimal. Jadi kemampuan extraordinary yang diperlihatkan anak savant syndrome adalah potensi otak kanan yang sebagian besar dari kita terpendam akibat dominasi otak kiri. Otak kiri cenderung untuk menghambat laju perkembangan otak kanan. Potensi apa saja yang terdapat pada otak kanan, kita akan membahasnya pada kesempatan lain !.

About dr. Iqbal

dr. Iqbal adalah Pemilik dari Shichida Makassar. Seorang dokter ahli syaraf.

1 comments:

  1. terimakasih atas papernya..sangat bermanfaat sebagai bahan referensi untuk tugas kuliah..

    ReplyDelete